5 Cara Memilih Hardware PC yang Baik dan Benar
5 Cara Memilih Hardware PC yang Baik dan Benar

PC atau personal computer adalah suatu benda yang sangat bermanfaat bagi kehidupan sebaian orang khususnya para pelajar dan pekerja kantoran. Banyak yang bisa kita lakukan dengan PC mulai berdasarkan mengerjakan tugas, browsing, main game, & masih poly lagi yang lain. Fungsi PC bagi kehidupan sehari hari memang sangat penting. Ada beberapa jenis PC dari manfaatnya mulai berdasarkan PC gaming, PC kantoran, dll.

Bagi sebagian orang, mereka merelakan jutaan sampai puluhan juta hanya buat merakit sebuah PC. Mereka menghabiskan uang mereka hanya buat memenuhi impian mereka merakit PC sesuai dengan keinginannya. Merakit PC jua menjadi hobi sebagian besar orang pada Indonesia (termasuk saya). Merakit PC merupakan aktivitas yg mengasyikkan dan bisa melatih kehati-hatian dan ketelitian kita.

PC terdiri dari beberapa komponen mulai dari CPU, Mobo(motherboard), GPU/VGA, RAM, psu, case, dan fan case. Dalam merakit PC, kita pula dituntut buat sabar karena belum tentu PC yang kita rakit dapat menyala dengan baik.Bagi kamu yang sedang mencari atau ingin merakit PC sendiri, aku akan sedikit menunjukkan tips bagaimana memilih komponen PC yang baik & benar. Baca jua : Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet

5 Cara Memilih Hardware PC yang Baik dan Benar

1. Pilihlah komponen sinkron kebutuhan

Merakit PC bukan hanya sekedar merakit, kita juga wajib merencanakan untuk apa PC kita nantinya. Kalau tujuannya hanya buat mengerjakan tugas, pilihlah spesifikasi hardware yang masuk kedalam kategori Low-Medium. Sebaliknya, bila kebutuhan kamu buat foku bermain game, pilihlah komponen PC yg memiliki spesifikasi Medium-High. Apabila tujuannya buat mengedit video (content creator) pilihlah hardware CPU yg mempunyai poly Core dan Banyak thread (misalnya AMD Ryzen). Baca jua : AMD VS Intel mana yang lebih mengagumkan?

Baca Juga :   Cara Merawat Baterai Laptop Biar Awet Tidak ngedrop

2. Perhatikan kualitas komponen

Bagi engkau yang memiliki budget terbatas dan ingin sekali merakit PC, usahakan engkau mencoba membeli hardware second di toko personal komputer yg menyediakan hardware menggunakan kondisi second. Tetapi jangang hanya dari membeli, engkau juga wajib pintar menentukan mana barang yg masih bagus & mana yg sudah mulai rusak. Kamu pula harus pandai membandingkan harga toko komputer satu dengan toko personal komputer lainnya.

Tiga. Sesuaikan budget kamu

Seperti yg telah saya katakan tersebut, sebelum memilih hardware buat merakit PC. Kita harus menyesuaikan budget terlebih dahulu. Hardware PC akan menyesuaikan menggunakan budget yg engkau punya. Misalnya kamu tiba ke toko A, di toko A niscaya nanti ditanya budget berapa? Nanti si toko A akan membuat rakitan sinkron dengan budget yang kamu punya.

4. Bandingkan harga

Seperti yg kita tahu, saat ini harga hardware PC pada Indonesia sangat mahal ketimbang 2 tahun yang kemudian. Hal ini disebabkan karena mahalnya pajak sebagai akibatnya barang yang masuk ke Indonesia sedikit & akan terjadi yang namanya kelangkaan barang. Jika engkau sangat ingin merakit PC, lebih baik kamu merakit PC diwaktu sekarang ini lantaran semakin berjalannya ketika, harga hardware PC jua akan semakin mahal. Kita jua wajib memperhatikan harga disetiap toko personal komputer karena setiap toko personal komputer mempunyai harga yg tidak sinkron beda.

Baca Juga :   Trik Hardisk Error, Cara Mengubah Partisi Hardisk Tanpa Format

5. Pilihlah PSU yg mengagumkan

PSU atau power supply merupakan hardware PC yang paling krusial. Tanpa PSU, PC kita tidak akan menyala karena kegunaan PSU adalah menyuplai listrik buat PC kita. Pilihlah PSU menggunakan sertifikat 80 . PSU dengan sertifikat 80 adalah PSU yg sudah terjamin kualitasnya.

Kita wajib sahih benar pintar pada hal merakit PC. Selain spesifikasi,kita pula wajib memperhatikan kualitas Hardware yang kita beli.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here