Contoh Kontrak Kerja Karyawan Baru
Contoh Kontrak Kerja Karyawan Baru

Saat masuk bekerja pada sebuah Perusahaan pertama kali sebelumnya pasti anda menandatangani Kontrak Kerja. Ada 2 Jenis Kontrak Kerja Karyawan yg pernah aku ketahui. PKWT (Perjanjian Kerja Waktu Tertentu) yg dituangkan secara tertulis dan Kontrak Kerja secara Lisan. Kontrak Kerja secara tertulis dan ditandatangani oleh keduabelah pihak memiliki kekuatan aturan yg kuat tetapi jika Kontrak Kerja secara Lisan tidak mempunyai kekuatan aturan & merugikan Pekerja.

Contoh KONTRAK KERJA Karyawan Terbaru file Word (DOC) dan PDF

Jika anda bekerja menjadi Staff ataupun Kepala HRD (Human Resources Departemen) niscaya acapkali membuat sebuah Kontrak Kerja. Seperti yang aku kerjakan selama 14 Tahun Bekerja pada Perusahaan yang hampir 90% bekerja pada Personalia atau Departemen HRD. Kontrak Kerja yang pernah saya buat adalah PKWT dan Kontrak Harian. Karyawan PKWT tidak sama menggunakan Karyawan Harian. Karyawan PKWT Kontrak kerjanya minimal 1 bulan sedangkan Karyawan Harian sanggup hanya satu hari berdasarkan kebutuhan.

Contoh Kontrak Kerja Karyawan ini sebenarnya telah poly dipakai oleh semua Perusahaan. Kontrak dibuat dari kebutuhan Perusahaan & Persetujuan antara Karyawan menggunakan Perusahaan. Perusahaan yang baik telah niscaya menciptakan Kontrak Kerja sesuai undang undang yang dibuat oleh Pemerintah yaitu menurut UU No.13 tahun 2003 mengenai Ketenagakerjaan yang memuat Syarat Kerja, Hak dan Kewajiban Keduabelah Pihak.

Kontrak Kerja ini merupakan model di Perusahaan Perkayuan PT.Tirta Mahakam Resources, Tbk. Forman Kontrak Kerja ini terus saya gunakan saat bekerja pada Perusahaan Pertambangan Batu Bara. Cukup mengubah isi Kontrak Kerja yg diubahsuaikan menggunakan Peraturan Perusahaan Tersebut. Kontrak Kerja ini sifatnya generik dan memakai Gaji Pokok minimal yg ditetapkan Pemerintah & mendapatkan Overtime. Sedangkan nilai Gaji buat Pengawas atau Karyawan All In memakai Kontrak tersendiri.

Contoh Kontrak Kerja Karyawan

PERJANJIAN KERJA

UNTUK WAKTU TERTENTU

No. 001 /B-TMR/PKUWT/I/2018

Pada hari ini Sabtu,  tanggal 10 Januari 2018,  masing – masing  yang  bertanda-tangan di bawah ini :

Baca Juga :   KUMPULAN JUDUL SKRIPSI >> Contoh Skripsi Teknik Informatika dan SI

1. Nama : Syamsuddin

Jabatan : HRD Manager

Alamat : Mess PT. TMR Bukuan ? Samarinda.

Bertindak buat dan atas nama PT. Tirta Mahakam Resources Tbk, dan selanjutnya pada Perjanjian Kerja Untuk Waktu Tertentu ini disebut menjadi PENGUSAHA.

Dua. Nama : Budi Partono

Jenis Kelamin : Laki – Laki

Tmp & Tgl Lahir : Tator, 10 April 1981

Agama : Kristen

Pendidikan : SMK

Domisili : Samarinda

Alamat sekarang : Bukuan – Palaran

Bertindak untuk dan atas nama dirinya sendiri dan selanjutnya dalam Perjanjian Kerja Untuk Waktu Tertentu ini disebut sebagai PEKERJA.

Pengusaha dan Pekerja telah sepakat untuk membuat Perjanjian Kerja Untuk Waktu Tertentu yang mengikat, dimana Pengusaha memberi pekerjaan kepada pekerja, dengan syarat-syarat sebagai berikut :

PASAL 1

PENEMPATAN DI TEMPAT KERJA

1. Pengusaha mempekerjakan Pekerja sebagai karyawan dan ditempatkan pada :

Lokasi Kerja : Bukuan

Departement : QC, Laboratorium  &  Inspection

Sub Departement : QC & Inspection

Section : Inspection

Sub Section : –

Shift : B

Jabatan : Pelaksana

Nik : 04-0178

2. Apabila diperlukan, pekerja bersedia dipindah-tugaskan atau dipindahkan ke pekerjaan lain yang wajar. Dan penolakan pekerja atas pemindahan tersebut dianggap sebagai pelanggaran terhadap Perjanjian Kerja ini dan dapat mengakibatkan Pemutusan Hubungan Kerja atas prakarsa Pekerja.

PASAL 2

UPAH / GAJI

Sistem pengupahan / Penggajian yang sudah disepakati adalah sesuai dengan Surat Keputusan tentang  Gaji.

PASAL 3

UPAH LEMBUR

Jam kerja yang ditetapkan oleh pengusaha yaitu 7 jam sehari atau 40 jam seminggu untuk 6 hari kerja dan 8 jam sehari atau 40 jam seminggu untuk 5 hari kerja. Apabila pekerja bekerja melampaui jam kerja tersebut, maka kelebihan jam kerja akan  diperhitungkan sebagai lembur.

PASAL 4

POTONGAN UPAH

Pekerja bersedia untuk diadakan pemotongan atas penghasilan (upah/gaji) oleh pengusaha kepada para pihak yang berkepentingan :

1. Kepada PT. JAMSOSTEK berupa iuran :

A. Untuk Jaminan Hari Tua (JHT) sebesar 5,7 % dari upah sebulan dengan Komposisi :

Baca Juga :   Contoh Ide Kreatif dan Unik dari bahan kawat dan batu yang bisa anda buat

– 3,7 % ditanggung oleh Pengusaha.

– 2 %    ditanggung oleh Pekerja dari gaji pokok.

B. JKK, JK dan JPK  Sepenuhnya ditanggung oleh Pengusaha sesuai standart.

2. Pembayaran PPH : 5 % atau sesuai dengan Peraturan yang berlaku dari penghasilan Bruto setelah dikurangi PTKP.

3. KOPKARTAMA : Simpanan pokok dan simpanan wajib sesuai dengan peraturan yang berlaku.

PASAL 5

CARA PEMBAYARAN

Pembayaran dilakukan 1 (satu) kali dalam sebulan, yaitu setiap tanggal 05 Bulan berikutnya.

PASAL 6

KECELAKAAN KERJA

Apabila terjadi kecelakaan kerja bagi pekerja maka biaya perawatan diganti oleh pihak JAMSOSTEK dengan maksimal penggantian sebesar Rp. 12.000.000,- (Dua Belas Juta  Rupiah) dan selebihnya akan ditanggung oleh Pengusaha.

PASAL 7

JANGKA WAKTU

1. Perjanjian Kerja Untuk Waktu Tertentu ini berlaku selama 1 ( Satu ) Bulan  terhitung   mulai    tanggal 10 Januari 2018 dan akan berakhir pada tanggal 09 Pebruari 2018.

2. Perjanjian Kerja Untuk Waktu Tertentu ini dapat diperpanjang lagi untuk waktu yang sama, dan pihak pengusaha akan memberitahukan kepada pekerja 7 (tujuh) hari sebelum waktu PKUWT ini berakhir.

3. Apabila sampai dengan tanggal akhir Perjanjian belum ada Perjanjian baru, maka Perjanjian dianggap telah berakhir atau tidak diperpanjang lagi.

PASAL 8

BERAKHIRNYA PERJANJIAN KERJA

UNTUK WAKTU TERTENTU

1. Perjanjian Kerja Untuk Waktu Tertentu ini berakhir apabila :

a. pekerja meninggal dunia,

b. berakhirnya jangka waktu perjanjian kerja,

c. adanya putusan pengadilan dan/atau putusan atau penetapan lembaga penyelesaian perselisihan hubungan industrial yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap, atau

d. adanya keadaan atau kejadian, yaitu :

• pekerja/buruh tidak cakap melakukan pekerjaan, atau tidak mampu/tidak memungkinkan untuk diserahi tugas-tugas perusahaan yang dibebankan kepada yang bersangkutan,

• pekerja/buruh menolak dipindah-tugaskan atau dipindahkan ke pekerjaan lain yang wajar.

• pekerja/buruh melakukan pelanggaran disiplin kerja atau kewajiban-kewajiban karyawan sebagaimana diatur dalam Perjanjian Kerja, atau Perjanjian Kerja Bersama (PKB).

Baca Juga :   150 Kata kata ucapan hari Jumat untuk status Wa dan Facebook

2. Apabila Pengusaha/Pekerja mengakhiri hubungan kerja sebelum berakhirnya jangka waktu yang ditetapkan dalam perjanjian kerja waktu tertentu, atau berakhirnya hubungan kerja bukan karena ketentuan sebagaimana dimaksud dalam ayat 1 (satu) pasal ini, maka pihak yang mengakhiri perjanjian kerja diwajibkan membayar ganti rugi kepada pihak lainnya sebesar upah pekerja/buruh sampai batas waktu berakhirnya jangka waktu perjanjian kerja ini.

PASAL 9

PENYELESAIAN PERSELISIHAN

1. Segala Perselisihan yang timbul antara Pengusaha dengan Pekerja sebagai akibat dari Perjanjian Kerja ini akan diusahakan untuk diselesaikan secara musyawarah dengan jiwa dan semangat Hubungan Industrial Pancasila.

2. Apabila dalam usaha penyelesaian secara musyawarah tidak tercapai suatu mufakat, maka perselisihan tersebut akan diselesaikan melalui Pegawai mediasi, sesuai ketentuan Undang-Undang No. 2  Tahun 2004.

PASAL 10

LAIN – LAIN

1. Selain syarat-syarat kerja tersebut diatas berlaku pula ketentuan-ketentuan dalam PKB, Peraturan Pelaksanaan atau Peraturan Tenaga Kerja yang berlaku.

2. Setiap pelanggaran atas ketentuan diatas, maka pekerja bersedia diambil tindakan atau sanksi sesuai dengan Peraturan Ketenagakerjaan Perusahaan atau Peraturan Ketenagakerjaan lainnya.

PASAL 11

P E N U T U P

1. Perjanjian Kerja Untuk Waktu Tertentu ini ditanda tangani oleh kedua Pihak serta diketahui oleh pejabat kantor Departemen Tenaga Kerja, setelah dibaca dengan seksama dan diteliti serta dimengerti dalam keadaan sadar, sehat jasmani dan rohani tanpa paksaan dari pihak manapun.

2. Perjanjian Kerja untuk waktu Tertentu ini dibuat rangkap 2 (Dua) yang masing-masing mempunyai kekuatan hukum yang sama.

Silahkan anda donlowad File Microsoft Word (DOC) dan PDF di atas yang sudah saya upload di Google Drive. Rubah isinya sesuai Peraturan di Perusahaan anda dan sesuaikan dengan aturan Undang undang Pemerintah, Peraturan BPJS dan Peraturan Lainnya. Semoga Contoh Kontrak Kerja Karyawan Baru di Perusahaan ini bermanfaat buat anda, sekian dan terimakasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here